(021) 31908479
Jl. Salemba Raya 28A, Jakarta Pusat. 10430

blog-img
08/09/2023

34 Pejabat Fungsional di Lingkungan Perpusnas Dilantik

Wara Merdeka | Kepegawaian

Salemba, Jakarta - Sekretaris Utama (Sestama) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Ofy Sofiana melantik sebanyak 34 pejabat fungsional.

Pejabat fungsional yang dilantik, terdiri dari 31 pejabat fungsional pustakawan, satu pejabat fungsional perencana, satu pejabat fungsional analis kepegawaian dan satu pejabat fungsional widyaiswara.

"Dengan dilantiknya 34 orang pejabat fungsional menjadi sebuah momentum yang memungkinkan untuk menciptakan terobosan baru sesuai dengan tugas dan fungsi Perpusnas," kata Sestama Perpusnas pada Pelantikan Pejabat Fungsional pada Jumat, (8/9/2023).

Dia mengatakan, parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pangkat serta pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara.

Selain parameter tersebut, lanjutnya, juga diperlukan etos kerja yang merupakan akar keberhasilan yang akan menghasilkan semangat kerja, motivasi dan budaya kerja yang dapat meraih prestasi kerja. Sehingga menghasilkan kesuksesan dalam bekerja yang biasa diistilahkan dengan “Bigger, Higher, and Better”.

"Etos kerja profesional sangat berguna bahkan menjadi core values tidak hanya untuk ASN atau pengawai swasta, tetapi juga masyarakat. Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memegang teguh integritas serta profesionalitas dalam memberikan pelayanan publik," lanjutnya.

Sestama menyampaikan, Perpusnas sebagai lembaga layanan publik sangat membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan bertanggung jawab terhadap segala tantangan tugas yang diemban.

Oleh karena itu, keberadaan pejabat fungsional yang baru dilantik ini dapat meningkatkan kepercayaan yang harus dibuktikan dengan kerja keras, kerja cerdas dan karya nyata dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mengedepankan tata nilai PASTI dan Ber-AKHLAK.

Diharapkan, pejabat fungsional yang dilantik dan seluruh ASN di lingkungan Perpusnas untuk bekerja dengan penuh keikhlasan agar hasilnya dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

"Saya yakin dan percaya bahwa Saudara-Saudara mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh Perpusnas, sesuai bekal pengalaman yang dimiliki selama ini. Namun jangan lupa sebagai ASN juga dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi serta kemampuan beradaptasi terhadap perubahan di tengah era disrupsi teknologi," harapnya.

Fotografer: Aji Anwar

Bagikan Ke: