(021) 31908479
Jl. Salemba Raya 28A, Jakarta Pusat. 10430

blog-img
28/07/2022

Perpustakaan Jantungnya Peningkatan Kualitas SDM

Wara Merdeka | Perpustakaan

Medan Merdeka Selatan, Jakarta -- Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Ofy Sofiana menerima secara langsung kunjungan kerja Bupati Malaka, Simon Nahak beserta jajaran di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Kamis (28/7/2022).

Dalam kesempatan itu, Simon Nahak menyampaikan maksud kedatangannya untuk melakukan konsultasi terkait bantuan Dana Alokasi Khusus(DAK) bidang pendidikan subbidang perpustakaan. Bantuan tersebut rencananya akan digunakan untuk membangun fasilitas gedung perpustakaan.

Sebagai salah satu kabupaten terdepan karena posisinya berbatasan dengan Timor Leste dan Australia ini belum memiliki gedung perpustakaan.

Menurutnya, perpustakaan merupakan jantungnya pendidikan dan juga berperan penting dalam peningkatan kualitas sumber daya alam. Tanpa perpustakaan kecerdasan intelektual akan menjadi lemah.

"Maka harus ada perpustakaan, agar masyarakat bisa tambah pengetahuannya dengan membaca. Dengan perpustakaan diharapkan dapat menjadi pusat orang akan tahu Malaka, selain itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM disini," ungkapnya.

Simon menjelaskan, Kabupaten Malaka memiliki banyak potensi sumber daya alam yang dapat dikembangkan. Diantaranya, sektor perikanan, pertanian, peternakan, hingga pariwisata.

Sementara itu, Sekretaris Utama Perpusnas, Ofy Sofiana mengatakan, Kabupaten Malaka mendapatkan DAK untuk pembangunan fisik di tahun 2023. Karena masuk dalam DAK Penugasan maka pemberian DAK ini utuh diberikan. Tidak hanya untuk pembangunan gedung, tetapi juga termasuk perabot, koleksi, maupun TIK.

"Sehingga di tahun 2023 Kabupaten Malaka selesai untuk bangun gedung perpustakaan beserta isinya. Namun, perlu diperhatikan ada beberapa dokumen data dukung yang harus dilengkapi. Kami mohon untuk segera dilengkapi," kata Ofy.

Bagikan Ke: